Tutorial Menggunakan Fibonacci Retracement Kombinasi Dengan Indikator ProZigZag

Tutorial Indikator Bollinger Bands Kombinasi Dengan ProMA
Tutorial Indikator Bollinger Bands Kombinasi Dengan ProMA
14/05/2018
Cara Menentukan dan Fungsi Support Resistance MetaTrader
Cara Menentukan dan Fungsi Support Resistance MetaTrader
16/05/2018
Tutorial Menggunakan Fibonacci Retracement Kombinasi Dengan Indikator ProZigZag

Tutorial Menggunakan Fibonacci Retracement Kombinasi Dengan Indikator ProZigZag

Share this:

ProZigZag digunakan sebagai alat bantu menentukan support dan resistance secara otomatis. Indikator ini merupakan penyempurnaan dari indikator standart ZigZag.

Tutorial Menggunakan Fibonacci Retracement Kombinasi Dengan Indikator ProZigZag


Sumber video Youtube Provits Training

Salah satu tool yang cukup bermanfaat di dunia trading adalah Fibonacci Retracement. Alat ini digunakan untuk menganalisis teknikal subjek dan menentukan support dan resistance secara otomatis.

Fibonacci sendiri adalah pola atau deret angka yang memiliki pola tertentu. Deret ini banyak digunakan di lingkungan Matematika, Teknik, dan juga trading untuk masalah aplikasinya. Untuk deretnya, Fibonacci terdiri dari 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, … dan seterusnya.

Fibonacci Retracement yang ada di MetaTrader sendiri bisa digunakan untuk menentukan level entry dan exit. Anda bisa menggunakannya untuk menentukan kapan harus buy dan kapan harus berhenti melakukannya.

Memunculkan Fibonacci Retracement

Fibonacci Retracement berada di deretan toolbars sebelah Line Studies. Kalau bagian ini belum muncul, Anda bisa memunculkannya dengan memilih View lalu Toolbars lalu Line Studies. Selanjutnya pilih Fibonacci Retracement yang ada pada ikon.

Cara Membaca Grafik dengan Fibonacci Retracement

Untuk membaca grafik yang sedang Anda inginkan, coba pilih dengan cara klik kiri lalu drag ke halaman utama. Sebelum memunculkan atau menggambar Fibonacci Retracement ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, berikut selengkapnya.

  • Up trend market. Pasar sedang mengalami trend naik sehingga sebagian besar grafik pada pasar akan beranjak dari bawah ke atas. Anda bisa mengamati deretan grafik yang awalnya di bawah akan perlahan ke atas dan mendekati titik tertinggi.
  • Down trend market. Pasar sedang mengalami trend turun sehingga sebagian besar grafik pada pasar bergerak dari atas ke bawah. Anda bisa mengamati deretan grafik yang awalnya berada di puncak perlahan-lahan turun dan mendekati titik terendah.

Menggambar Fibonacci Retracement

Untuk menggambar garis Fibonacci Retracement tekan dahulu ikonnya. Selanjutnya cari grafik yang mengalami up trend. Jika sudah ketemu, lakukan pengambilan titik terendah hingga ke tinggi. Pengambilan harus dilakukan secara akurat agar tidak terjadi kesalahan.

Setelah garis dibuat dari titik terendah ke titik paling atas, akan muncul beberapa garis koreksi. Dari garis itulah kita bisa menentukan di mana posisi buy bisa dilakukan. Anda bisa memulai buy pada garis Fibonacci Retracement yang menyentuh titik ujung grafik atau di mana saja asal nilainya ditunjukkan pada garis.

Garis akan menunjukkan titik support yang digunakan untuk melakukan limit buy. Dengan cara ini berapa pun nilai yang didapatkan Anda akan mendapatkan rata-rata yang tepat sehingga keuntungan bisa didapatkan dengan mudah dalam waktu singkat.

Menggunakan Indikator Penyempurnaan ProZigZag

Salah satu kesulitan terbesar dari penggunaan Fibonacci Retracement adalah menentukan titik bawah dan titik atas. Padahal titik ini digunakan untuk menentukan entry dan juga exit. Kalau Anda merasa kesulitan dan ingin sesuatu yang lebih mudah bisa menggunakan indikator ProZigZag.

Indikator ProZigZag adalah penyempurnaan dari indikator ZigZag yang digunakan oleh MetaTrader. Anda bisa mendapatkan indikator ini di Andrew dengan menghubungi nomor WhatsApp 08159910880.

Saat ProZigZag digunakan, Anda bisa melihat garis silang yang menentukan titik-titik bawah dan titik atas. Dari titik itu Anda bisa dengan mudah menentukan titik atas dan bawah untuk menggambar Fibonacci Retracement.

Oh ya, penentuan buy dan titik entry juga makin mudah kalau menggunakan indikator ProMA. Coba set ProMA menjadi dua periode, pertama 100 dan kedua 200. Warnai periode 100 dengan hijau dan 200 dengan merah.

Saat garis hijau di atas garis merah, trend yang terjadi adalah bullish dan diperbolehkan melakukan buy. Kalau garis retracement pada Fibonacci Retracement berada di area bullish Anda bisa melakukan buy.

Demikianlah ulasan tentang Fibonacci Retracement. Semoga bermanfaat!

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Trading asuransi dan bergaransi
  • Jasa trading bagi hasil atau copy trade
  • Berlangganan signal Forex Buy Sell Provits
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Call / SMS / Whatsapp 08159910880/087806677888

Silahkan klik link ini untuk bergabung group Investor dan Trader Telegram https://telegram.dog/joinchat/FLoJqwrX–VWmhMJo3BUqg
Joint / like fanpage Facebook kami di Provits Training

Follow us :
Twitter : @ProvitsTraining
Instagram : @ProvitsTraining
Youtube : Provits Training
Buy or Sell Just Profit

 

Share this:

Leave a Reply